Sepasang Kaos Kaki Hitam Bag 1

Sepasang Kaos Kaki Hitam Bag 1
SEPTEMBER tahun 2000...

Gw pergi jauh dari kota kelahiran gw di Kalimantan untuk mengadu nasib di Jawa. Sebenarnya impian gw adalah kerja di Jakarta, tapi karena surat panggilan yg gw terima beberapa hari yg lalu adalah panggilan dari sebuah perusahaan di Karawang, mau nggak mau gw terdampar di kota panas ini.

Kalau boleh jujur, Karawang bukanlah tempat yg gw idam-idamkan untuk gw tinggali. Selain panasnya yg menyengat, gw lebih suka ada di keramaian ibu kota. Kalau saja bukan karena nyokap yg mendorong buat nerima panggilan ini, gw nggak akan bela-belain  datang ke sini. Tapi toh semua itu sudah ada yg mengatur. Gw yg sempat heran karena merasa nggak pernah kirim surat lamaran ke perusahaan yg berdomisili di Karawang, cuma bisa berdoa semoga ini adalah jalan menuju titik yg gw inginkan semasa kuliah dulu.

Selama tes berlangsung gw nginep di sebuah mesjid karena memang di sini gw nggak punya kenalan ataupun saudara. Setelah ada keputusan bahwa gw keterima kerja, barulah gw nyari tempat tinggal. Dengan ditemani seorang tukang ojek yg gw kenal sewaktu di mesjid, gw diantar ke sebuah kosan di daerah Teluk Jambe. Sebuah rumah kosan yg besar dengan banyak kamar dan terbilang laris. Rata-rata penghuni kosan   ini   adalah   karyawan   yg   bekerja di kawasan industri, tapi ada beberapa juga mahasiswa.

Kosan ini terdiri dari tiga lantai yg masing- masing lantai punya sekitar sembilan kamar, kecuali lantai tiga. Cuma ada enam kamar di sini. Dan karena memang dua lantai di bawah sudah penuh, gw kebagian di lantai tiga, kamar nomor 23 tepatnya. Kamar paling ujung dalam deret koridor sebelah kanan. Ada jarak selebar kurang lebih dua meter, yg memisahkan deret kamar gw dengan deret kamar seberang. Karena terletak paling ujung, kamar gw dan kamar di seberang dihubungkan dengan tembok beranda setinggi satu meter. Dari sini gw bisa mendapatkan pemandangan yg cukup alami. Dulu meskipun panas,  Karawang  masih  punya  banyak sawah.


Jadi pemandangan ini lumayan menyejukkan. Dengan harga sewa seratusribu perbulan, gw sepakat ngambil kamar ini.

Nampaknya kamar ini sudah lama ditinggal sejak penghuni terakhirnya. Sangat kotor dan berdebu. Gw kerja cukup keras buat membenahinya. Pemilik kosan ini tadi sempat beres-beres sih, tapi gw masih berasa  kurang aja. Jadi gw putuskan buat kerja bakti lagi. Dan hari sudah sore ketika gw akhirnya selesai bersih-bersih.

Buru-buru gw cari makan di warung nasi yg letaknya nggak jauh dari kosan. Balik  dari warung gw liat pintu kamar seberang gw terbuka. Gw   nggak   tertarik   dengan   pintu   itu  sampai


seorang wanita muncul dan duduk di depannya.


Berbadan tinggi agak kurus, dengan  hidung mancung dan rambut hitam panjang tergerai. Wajahnya nggak  terlalu  kelihatan karena posisinya yg menunduk sambil memeluk lutut.

“Sore,” sambil berjalan ke kamar gw menyapa.

Hening. Nggak ada jawaban.

“Sore Mbak...” dengan  sedikit mengeraskan volume suara.

Dia tetap diam. Tetap terpaku  memandang lantai dengan pandangan kosong. Seolah mengajak bicara lantai dalam diamnya. Sekilas nggak ada yg aneh dari wanita ini. Gw cuma sedikit heran kok dia pakai stoking hitam ya padahal udara di sini panas.

Gw sempat bermaksud menyapanya sekali lagi, tapi gw urungkan niat gw. Jangankan jawab sapaan, sekedar mengangkat kepala pun enggak. Padahal niat gw kan baik. Sebagai penghuni baru gw cuma mau mengakrabkan diri. Tapi ya sudahlah mungkin dia terlalu asyik dengan lamunannya. Nevermind.

Over all nggak ada yg spesial dari hari pertama gw di kosan ini. Selain wanita di seberang   kamar,  gw   belum   sempat  ngobrol dengan siapapun. Penghuni kamar sebelah gw sangat berisik. Nyetel lagu pakai speaker aktif dengan volume berlebihan sepanjang hari. Makanya gw sangat bersyukur malamnya mati lampu. Mendadak kosan jadi sunyi kayak di gua. Baguslah karena besok pagi gw sudah harus mulai kerja. Jadi nggak boleh telat bangun.

Tapi sampai hampir tengah malam gw belum juga bisa tidur. Kayaknya malam jadi terlalu sunyi gara-gara mati lampu. Nggak terdengar ribut-ribut orang ngobrol dan aktifitas lainnya. Bahkan suara detik jam dinding pun seperti menggema ke seisi kamar.

Gw ingat jam segini biasanya di rumah lagi ngobrol-ngobrol  bareng  bokap  sambil dengerin

acara radio favoritnya, atau nongkrong di pos ronda bareng temen-temen. Dengan keterbatasan alat komunikasi yg ada, ini pertama kalinya gw merasa benar-benar sendirian. Tanpa teman ngobrol dan tanpa lagu-lagu yg selalu gw dengar di radio. Nggak sadar gw jadi senyum- senyum sendiri. Mungkin udah waktunya ya gw meninggalkan semua kebiasaan itu, pikir gw dalam hati.

Malam semakin larut. Gw udah guling- gulingan di kasur tapi belum juga bisa tidur. Entah sudah jam berapa waktu itu. Gw sudah hampir tertidur ketika mendadak terdengar sesuatu yg aneh dan membuat gw kembali terjaga. Asalnya dari luar.

Seperti suara tangisan seorang wanita.

Gw duduk dan memasang telinga baik- baik. Otak pun mulai ngaco, membayangkan sosok horor yg sering gw baca dari buku misteri di perpustakaan. Tapi masa sih gw takut sama sosok yg bahkan belum pernah gw liat seperti apa bentuknya?

Gw dengarkan lagi baik-baik. Benar, ini suara tangisan wanita. Tapi siapa sih orangnya yg tengah malam begini nggak punya kerjaan banget, pake nangis di depan kamar gw! Bikin parno. Terlebih waktu gw sadar ternyata suara tangisannya benar-benar terdengar dekat.  Sangat dekat, di seberang jendela kamar ini. Makin merinding bulu kuduk gw.

Bergegas gw tiduran dan tarik selimut sampai menutupi wajah. Suara tangisan  itu belum lenyap juga.

Kayaknya gw salah pilih kosan nih, gw dalam hati sedikit menyesal. Harusnya gw cari tau dulu latar belakang kosan ini.

“Please jangan masuk ke sini....” dengan bodohnya gw berdoa seperti anak kecil.

Dan dalam ketakutan itu perlahan suara tangisannya mengecil. Makin mengecil sebelum akhirnya benar-benar lenyap dari telinga gw.

Gw tetap siaga memasang telinga. Beberapa   menit   gw   tunggu,   sampai   nggak

terdengar apa-apa lagi. Hufft leganya gw....

Sekitar satu jam setelahnya barulah gw bisa tidur.

Benar-benar bukan malam pertama yg menyenangkan...

HARI pertama kerja...

Praktis gw jadi perhatian orang-orang lama di kantor. Gw masih lumayan kikuk. Untungnya hari ini cuma dikasih kerjaan ringan. Selain orientasi ke line produksi tadi pagi, siangnya   gw

mulai ngerjain data di meja gw. Sejauh ini sih rekan kerja di sini cukup bersahabat. Cuma kebanyakan mereka pake bahasa Sunda yg gw samasekali nggak ngerti.

Gw lagi di ruangan fotokopi, nunggu kopian data gw selesai dikopi OB, ketika seorang rekan kerja menghampiri dan menepuk bahu gw pelan. Seorang laki-laki item dengan rambut kriwilnya tersenyum lebar.

“Anak baru ya?” tanyanya sambil menyerahkan kertas kopian dia ke OB. Saat itu  di ruangan cuma ada gw, dia dan OB petugas fotokopi.

“Iya.”


“Leo,” dia menyodorkan tangannya. “Leo Parlindungan. Divisi Purchasing.”

“Ari, General Affair.” gw menjabat tangannya.

“Dengar-dengar kau datang dari jauh ya?” lanjutnya dengan logat Batak yg kental.

“Kalimantan.”


“Oouwh,” dia mengangguk terkejut. “Kenapa jauh-jauh kemari? Di Kalimantan sudah tak ada pekerjaan?”

“Ada kok. Cuma pengen aja merantau ke Jawa.”


Kami lalu ngobrol ringan sambil nunggu kopian selesai.

“Eh, aku cuma kasihtau. Kau hai-hatilah sama bos kau yg botak itu.”

“Pak Agus? Kenapa?”

“Ya pokoknya hati-hatilah. Sekali salah, bisa habis kau dimarahi. Serem!”

“Waah...makasih infonya,” gw mengambil kertas gw lalu berjalan keluar. Di pintu gw sempat berpapasan dengan seorang wanita, rekan kerja juga. Dia orang lama.

“Halo    Lisa    Parlindungan...”    sempat

terdengar suara Leo menyambut cewek yg baru masuk tadi.

“Jangan sembarangan ganti nama orang ya!” sahut si cewek. Kemudian disusul adu mulut dari keduanya yg terdengar sampai beberapa meter dari ruang fotokopi.

Bodo amat ah. Gw bergegas ke meja gw. Melanjutkan kerjaan, tapi mendadak malah kepikiran kejadian semalam. Yg nangis itu....wanita di kamar seberang gw? Kan keliatannya dia murung banget kayak yg depresi berat. Pasti lagi punya masalah terus nangis malem-malem. Tapi kalau mau nangis kenapa mesti nunggu malem dulu? Kenapa nggak siang aja?  Mungkin  malu  kalau  sampe   kedengaran orang lain. Nah kalo malu, ngapain juga  nangis di depan kamar orang? Duh gw malah jadi ngelantur sendiri.

Gw harus cari tau. Sepulang kerja sorenya gw keluar kamar dengan maksud nyari teman. Kebetulan penghuni kamar sebelah gw yg kemarin berisik, lagi nongkrong di depan pintu kamarnya sambil genjrang-genjreng gitar.

“Wah orang baru ya Mas?” laki-laki dengan cukuran rambut cepak nyaris botak menyapa gw ramah.



Gw duduk di depan pintu kamar. “Ari.” gw memperkenalkan diri.

“Indra. Udah berapa hari di sini? Kok gw baru liat toh?” lanjutnya dengan logat Jawa kental.

“Baru kemaren kok.” Indra mengangguk pelan. “Kerja di mana?”
“Di S***P.”

“Kalo gw di T****a. Udah lumayan lama sih, udah dapet dua tahunan lah ngekos di sini.”

“Waah betah juga yah sama kosan ini.”

Dan kami pun terlibat obrolan ringan selama beberapa lama. Gw sendiri ngerasa si Indra ini orangnya baik juga. Ramah, khas orang Jawa kebanyakan. Dan nggak sungkan sama orang baru kayak gw.

“Eh, Dra..lo tau cewek penghuni kamer depan ini?” gw menunjuk pintu kamar yg tertutup di seberang gw.

“Cewek?” Indra nampak berpikir sebentar. “Enggak ah. Setau gw kamer ini kosong..”

“Masa sih, tapi kemaren gw ketemu penghuninya kok. Dia lagi duduk gitu di situ,” gw menunjuk lagi pintu kamarnya.

“Yg bener? Tapi nggak tau juga sih, gw jarang keluar kamer soalnya. Balik  kerja langsung molor. Nggak begitu sering keluar. Temen-temen yg gw kenal kebanyakan di lantai satu. Di atas sini cuma lo doang yg ngajakin gw ngobrol.”

“Tapi masa samasekali nggak tau? Cuma dua meter jaraknya kamer lo sama kamer dia.”

“Serius gw. Emang kenapa?” “Mmh nggak papa juga sih...” “Lo liat setan kali?”
“Ah, ngawur lo.”


Heyy, apa dia semisterius itu? Yg udah di sini dua tahun aja nggak tau! Gw jadi penasaran.

“Terakhir gw tau yg nempatin kamer ini cowok, karyawan pabrik. Tapi itu udah lama banget hampir setaun yg lalu kalo nggak salah. Kalo lo mau tau, tanya aja sama Pa Haji. Dia kan yg punya kosan ini.”

“Wahh nggak perlu segitunya deh.” gw nyengir malu.

Hmm nggak mungkin juga kayaknya kalo sekarang gw cerita ke Indra soal kejadian semalem. Pasti dia makin yakin yg gw temui kemaren itu hantu. Tapi gw jadi mulai penasaran ya sama cewek berkaos kaki hitam ini. Sekilas gw liat kayaknya dia lumayan cakep juga. Hehehehe.

Baiklah,  gw  akan mencoba  mencari tahu. Kalo ketemu dia lagi, gw akan ajak kenalan.


Next Bagian 2
Novel Sepasang Kaos Kaki Hitam Adalah Novel Karya Ariadi Ginting a.k.a Pujangga.Lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepasang Kaos Kaki Hitam Bag 1"

Posting Komentar